Implementasi Pendidikan Moral dalam Membina Perilaku Siswa di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al Huda
DOI:
https://doi.org/10.59944/jipsi.v1i2.44Keywords:
it is good articleAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya indikasi perilaku peserta didik yang memperlihatkan kemunduran moral serta timbul tindak pelanggaran di SMA IT Al Huda Wonogiri. Dari hal tersebut Sekolah memiliki program-program yang membangun nilai-nilai kedisiplinan dan pembiasaan perilaku yang baik, seperti pembiasaan bangun pagi, shalat berjamaah, tadarus Al-Quran, membersihkan lingkungan dan kegiatan lainnya yang memuat nilai pembentukan moral peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk : (1) Untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan moral di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al Huda Wonogiri dalam pembentukan moral peserta didik. (2) Untuk mengetahui hambatan dan solusi implementasi pendidikan moral dalam membina perilaku siswa di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al Huda Wonogiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan atau field research menggunakan pendekatan penelitian psikologis. Hasil penelitian bahwa implementasi pendidikan moral dalam membina perilaku siswa dapat dilakukan melalui intrakurikuler sekolah dan kegiatan belajar mengajar pendidikan agama Islam. SMA IT Al Huda Wonogiri menggunakan beberapa pendekatan untuk menerapkan pendidikan moral yaitu indoktrinasi, klarifikasi nilai, keteladanan, serta pembiasaan dalam perilaku. Faktor penghambat antara lain: pembelajaran daring dan konsistensi program
References
Arikunto, Suharsini. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Bahri, Saiful. 2015. “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah”. Jurnal TA’ALLUM, 3 (1): 57.
Bertens, K. 2007. Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Sosial: Format 2 Kuantitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press.
Chairunnisa, Radhia. 2020. “Pemikiran Zakiah Daradjat tentang Pembinaan Moral Remaja dalam Perspektif Pendidikan Islam”. Jurnal ISEEDU, 4 (1): 62.
Damadi, Hamid. 2007. Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta.
Darmawan, Deni. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fathurrohman. 2019. “Implementasi Pendidikan Moral di Sekolah Dasar”. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3 (1): 80.
Ibung, Dian. 2009. Mengembangkan Nilai Moral pada Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Khairul. dkk. 2021. “Metode Pendekatan Psikologis dalam Studi Islam”. Al Mahyra, 2 (1): 21-30.
Lickona, Thomas. 2012. Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memebrikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Tanggungjawab. Jakarta: Bumi Aksara.
Listari, Lasmida. 2021. “Dekadensi Moral Remaja (Upaya Pembinaan Moral oleh Keluarga dan Sekolah”. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 12 (1): 7
Mannan, Audah. 2017. “Pembinaan Moral dalam Membentuk Karakter Remaja (Studi Kasus Remaja Peminum Tuak di Kelurahan Suli Kecamatan Suli Kabupaten Luwu)”. Jurnal Aqidah-Ta, 3 (1): 59.
Mar’at. 2008. Sikap Manusia, Perubahan serta Pengukuran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Moelong, L.J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muchson, AR. 2013. Dasar-dasar Pendidikan Moral. Yogyakarta: Ombak.
Muslich. 2006. Moral Islam Dalam Serat Piwulang Pakubuwono. Yogyakarta: Global Pustaka Utama.
Husna Nashihin. (2017). Pendidikan Akhlak Kontekstual. CV. Pilar Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=UBWiDwAAQBAJ
Nashihin, H. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren. Formaci. https://books.google.co.id/books?id=X27IDwAAQBAJ
Nashihin, H. (2018). Praksis Internalisasi Karakter Kemandirian di Pondok Pesantren Yatim Piatu Zuhriyah Yogyakarta. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1). https://doi.org/10.18860/jpai.v5i1.6234
Nashihin, H. (2019a). Konstruksi Budaya Sekolah Sebagai Wadah Internalisasi Nilai Karakter. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(1), 131–149.
Nashihin, H. (2019b). KONTEKTUALISASI STRATEGI PEMBELAJARAN NABI (STUDI ANALISIS HADIST TENTANG KAFARAT PUASA, AMALAN UTAMA, DAN ZINA). Al- Ghazali, 2(1), 15.
Nashihin, H., Yahya, M. D., & Aziz, N. (2020). Morality and Expression of Religious Moderation in " Pecinan ”. Dalimunthe 2016, 24158–24168.
Sahide, A. 2010. Kebebasan dan Moralitas. Yogyakarta: PAS.
Sarwono, dan Sarlito Wirawan. 2004. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo.
Siswoyo, dkk. 2007. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sjakarwi. 2008. Pembentukan Kepribadian Anak: Peran Moral Intelektual, Emosional, dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinas (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Tualeka, Hamzah. dkk. 2011. Akhlak Tasawuf. Surabaya: IAINSA Press.
Zuriah, Nurul. 2011. Pendidikan Moral & Budi Pekerti dalam Perspketif Perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksara.