Dampak Gaya Pengasuhan Orang Tua terhadap Sikap Nomophobia pada Anak

Authors

  • Ratri Nuria Sekolah Tinggi Agama Islam Terpadu Yogyakarta, Indonesia
  • Khoirul Anam Islamic International University Malaysia, Selangor, Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.59944/jipsi.v1i2.39

Keywords:

Gaya Pengasuhan, Nomophobia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya pengasuhan  orang tua sehingga memberikan dampak Nomophobia pada anak di era digital. Peran orang tua di era digital telah tergantikan oleh gadget yang selalu dipegang anak. Tipe gaya pengasuhan orang tua adalah otoriter, permisif, demokratis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptive kualitatif dengan subjek penelitian wali murid TK Kelompok B. Hasil menunjukkan bahwa para orang tua wali murid menggunakan gaya pengasuhan permisif yang berlebihan sehingga anak cenderung ketagihan dengan gadget.

References

Husna Nashihin. (2017). Pendidikan Akhlak Kontekstual. CV. Pilar Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=UBWiDwAAQBAJ

Husna Nashihin. (2022). KONSTRUKSI PENDIDIKAN PESANTREN BERBASIS TASAWUF. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 1163–1176. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2794

Kholish, A., Hidayatullah, S., & Nashihin, H. (2020). Character Education of Elderly Students Based on Pasan Tradition at Sepuh Islamic Boarding Shool Magelang. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 3(1), 48. https://doi.org/10.31764/ijeca.v3i1.2061

Nashihin, H. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren. Formaci. https://books.google.co.id/books?id=X27IDwAAQBAJ

Nashihin, H. (2019). Konstruksi Budaya Sekolah Sebagai Wadah Internalisasi Nilai Karakter. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(1), 131–149.

Octaviana, E. (2022). Analisis Penggunaan Gadget pada Perkembangan Sosial Emosional Anak di PAUD Darul Aman Kabupaten Temanggung Pendahuluan. 1(1), 53–62.

Putri, A. (2022). Penerapan Pola Asuh Parenting Style dalam Membina Moral Remaja ( Studi Kasus Panti Asuhan Tirtonugroho Tirtomoyo ) Pendahuluan Keutuhan keluarga menjadi hal pokok dalam mengasuh anak , dari mulai mengajarkan kembangnya dikemudian hari . Peran orangtua san. 1(1), 13–22.

Ratnawatiningsih, E., & Hastuti, A. P. (2022). Penanaman Karakter Anak Usia Dini Melalui Program Pembiasaan Pola Hidup Bersih dan Sehat di RA Miftahul Falah Gondosuli Pendahuluan Usia dini atau yang dikenal “ golden period ” merupakan periode ( M . Mahbubi , 2012 ) karakter sejak dini . Pembiasaan yan. 1(1), 44–52.

Lexy J. Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mustaqim & Wahib, Abdul (1991). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka

Cipta.

Nurul Zuriah. (2007). Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Permendiknas. (2007). Standar perkembangan anak lahir-6 tahun. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta

Rahmawati, Ida Yeni. 2016. CD Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Berbahasa Anak usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal. Vol.1. No.1.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: PT Bumi Aksara.

Sunarty, Kustiah. (2015). Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Anak. Makassar: Edukasi Mitra Grafika.

Widoyoko, E.P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2022-11-10