Implementasi Pendidikan Karakter Religius Remaja melalui Kegiatan Rutin Pembacaan Kitab Maulid Diba’ di Desa Dangkel Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung
DOI:
https://doi.org/10.59944/jipsi.v1i2.34Abstract
Pendidikan berperan penting dalam menghadapi segala tantangan kehidupan termasuk dalam hal kecerdasan sekaligus membangun kepribadian manusia supaya dapat menjadi sosok yang berkarakter mulia. Namun fakta menunjukkan terdapat kegagalan dalam menumbuhkan masyarakat Indonesia yang berkarakter kuat dan mulia terlebih pada generasi muda. Maka dari itu pendidikan karakter religius urgen diimplementasikan lebih maksimal guna mengatasi degradasi moral salah satunya melalui pendekatan kegiatan keagamaan. Terkait dengan hal tersebut Desa Dangkel Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung menerapkan kegiatan rutin pembacaan kitab Maulid Diba’. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter religius remaja melalui kegiatan rutin pembacaan kitab Maulid Diba’ di Desa Dangkel Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung (2) untuk mengetahui nilai-nilai religius pada kegiatan rutin pembacaan kitab Maulid Diba’ di Desa Dangkel Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian fenomenologi dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data menggunakan data primer serta data sekunder. Data primer meliputi hasil wawancara dan observasi. Sementara data sekunder dari hasil dokumentasi. Selanjutnya teknik pengumpulan data dengan metode wawancara berupa jenis wawancara terstruktur, observasi dengan jenis observasi berperan, serta dokumentasi. Sementara teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Jenis triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) implementasi pendidikan karakter religius remaja melalui kegiatan rutin pembacaan kitab Maulid Diba’ di Desa Dangkel Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung dilakukan dengan menggunakan strategi keteladanan, kedisiplinan, seta pembiasaan (2) nilai-nilai religius pada kegiatan rutin pembacaan kitab Maulid Diba’ di Desa Dangkel Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung yaitu tawadhu’, iman, munfikun/ tolong-menolong, serta silaturrahim
References
Ansulat, E., & Nafiah. (2018). Implemetasi Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 16–34.
Aristanti, S. (2020). Strategi Pembentukan Karakter Religius Melalui Kegiatan Keagamaan di Sekolah Menengah Pertama. In Central Library Of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University Of Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Giannakas, F., Papasalouros, A., Kambourakis, G., & Gritzalis, S. (2019). A comprehensive cybersecurity learning platform for elementary education. Information Security Journal: A Global Perspective, 28(3), 81–106. https://doi.org/10.1080/19393555.2019.1657527
Habsy, M. H. Al. (2021). Dekadensi Moral Era Milenial. Suara Kampus, 1–7. https://suarakampus.com/dekadensi-moral-era-milenial/
Hadi, N. (2019). Islam, Iman Dan Ihsan Dalam Kitab Matan Arba‘In An-Nawawi: Studi Materi Pembelajaran Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadis Nabi SAW. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 9(1), 1–18.
Harbani, R. I. (2021). Tawadhu Adalah Sikap Rendah Hati , Ini Keutamaannya. DetikNews, 1–4.
Irawan, C. N. (2022). Ayat Al-Quran tentang Tolong Menolong dan Penjelasannya. IDN Times, 1–6.
Istianah. (2016). Shilaturrahim Sebagai Upaya Menyambungkan Tali yang Terputus. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 2(2), 199–210. https://doi.org/10.21043/riwayah.v2i2.3143
Maisyaroh, S. (2015). Fenomenologi Dalam Penelitian Kualitatif. Kompasiana.Com, 1–7.
Munir, M. M. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Tahlil di Madrasah Ibtidaiyah Darussa’adah Nglegok Kabupaten Blitar. Universitas Islam Negeri Maulana Mallik Ibrahim.
Muthmainah, R. N., & Wulan, N. S. (2016). Analisis Konten Dan Nilai Religius Dalam Komik Kecil-Kecil Punya Karya ( Kkpk ). Riksa Bahasa, 2(1), 87–93.
Pra Observasi. (2022).
Qomar, M. (2012). Kesadaran Pendidikan: Sebuah Penentu Keberhasilan Pendidikan (R. K. Ratri (Ed.); Cetakan 1). Ar-Ruzz.
Rafi, M. (2020). Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 21: Nabi Muhammad Saw Adalah Suri Tauladan Bagi Manusia. 1–4. https://tafsiralquran.id/tafsir-surat-al-ahzab-ayat-21-nabi-muhammad-saw-adalah-suri-tauladan/
Sayyidi, Z. (2022). Rahasia di Balik Asmaul Husna, Pokok Utama dari Iman dan Jaminan Surga. Portal Majalengka, 1–4.
Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Religius. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354.
Sugesti, D. (2019). Mengulas Tolong Menolong dalam Perspektif Islam. PPKn Dan Hukum, 14(2), 106–122.
Suharyoko, A. (2018). Penanggulangan Kenakalan Remaja dengan Pembentukan Satgas Bina Remaja di Kecamatan Selopampang. 1–15.
Susinawati, E. (2022). Keutamaan Tawadhu ( 6 ). Rri.Co.Id, 1–8.
Tawuran dan Bolos Pelajar Diamankan. (2014, November 26). Temanggung.Com, 1–3.
Temanggung dan Parakan Rawan Kriminal. (2020). Radarsemarang.Id, 1–2. https://radarsemarang.jawapos.com/berita/jateng/temanggung/2020/01/01/temanggung-dan-parakan-rawan-kriminal/
Widiyani, R. (2021, September 8). Iman Secara Bahasa Artinya Membenarkan, Begini Penjelasannya. Detikedu, 1–4.
Widiyanto, D. (2019, November 23). Penderita HIV/AIDS di Kabupaten Temanggung Mencapai 480 Kasus. Krjogja.Com, November, 1–6.
Wulandari, S. (2019). Perilaku Remaja. Mutiara Aksara.
Yahya, M. S. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Ideologi (Arif Hidayat (Ed.); Cetakan 1). Lontar Mediatama.
Yanuarti, E. (2022). Penelitian Lapangan: Pengertian – Ciri dan Contohnya. HaloEdukasi.Com, 1–6. https://haloedukasi.com/penelitian-lapangan