Analisis Penggunaan Gadget pada Perkembangan Sosial Emosional Anak di PAUD Darul Aman Kabupaten Temanggung

Authors

  • Evi Octaviana INISNU Temanggung, Indonesia
  • Siti Wulan Asih Chariyathamsuksa Foundation School, Thailand

DOI:

https://doi.org/10.59944/jipsi.v1i1.15

Keywords:

Pengaruh Gadget, Perkembangan Sosial Emosional, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini berisi tentang pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional pada anak usia dini studi kasus di PAUD Darul Aman Pingit Pringsurat Temanggung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data yang didapatkan dari penelitian ini bersumber dari observari wawancara, dokumen serta sumber literature terkait. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan di masa pandemi Covid-19 terhadap penggunaan gadget anak dikarenakan pada zaman sekarang ini semuanya serba online atau menggunakan handphone, banyak anak yang belum menunjukan perkembangan emosional yang baik. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan penilaian terhadap permainana atau tugas kelompok yang telah dilakukan. Pada Indikator “Bersikap Kooperatif dengan teman” terdapat lima anak yang memiliki indikator “Belum Berkembang”, kebanyakan mereka belum dapat bekerja sama dengan temannya maupun tidak dapat bekerja sama dengan kelompok, serta adapun solusi yang diberikan untuk kasus tersebut adalah menetapkan batas waktu penggunaan gadget, memberikan edukasi maupun penjelasan kepada anak, mengalihkan perhatian anak, dan meningkatkan intensitas aktifitas anak.

References

Astrid Krisdayanti, Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan pada AUD sebagai Bekal Kecakapan hidup, (Denpasar: Instiru Hindu Dharma Negeri Denpasar, 2018).

Batinah, Arum Meiranny, Atika Zahria Arisanti, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini: Literatur Review,” Oksitosin : Jurnal Ilmiah Kebidanan 9, no. 1 (2022): 31–39, https://doi.org/10.35316/oksitosin.v9i1.1510.

Diah Andika Sari And Ari Lela Nurjanah, “Hubungan Game Online Dengan Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, No. 2 (2020): 994, Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V4i2.344.

Popy Puspita Sari, Sumardi Sumardi, and Sima Mulyadi, “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini,” Jurnal PAUD Agapedia 4, no. 1 (2020): 157–70, https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206.

Heleni Filtri, “Perkembangan emosional Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Ibu Yang Bekerja,” PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, No. 1 (2017): 32–37, Http://journal.unilak.ac.id/index.php/PAUD-Lectura/article/view/501/368.

Husna Nashihin, Anisatul Baroroh, & Aslam Ali. (2020). IMPLIKASI HUKUM TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN ISLAM (Telaah atas Hukum Moore, Hukum Metcalfe, dan Hukum Coase). At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 57–73. https://doi.org/10.51468/jpi.v2i2.39.

Husna Nashihin, Rani Efendi, & Suci Salmiyatun. (2020). PEMANFAATAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 23–37. https://doi.org/10.51468/jpi.v2i1.24

Husna Nashihin, “Character Internalization Based School Culture Of Karangmloko 2 Elementary School,” Abjadia 3, No. 1 (2019). https://doi.org/10.18860/abj.v3i2.6031.

Jurnal Golden Age and Universitas Hamzanwadi, “Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini,” Jurnal Golden Age 4, no. 01 (2020), https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233.

Laely Hidayati, Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini Berdasarkan Pada Pemberian Gadget Oleh Orangtua di Keluragan Sukorejo, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, (Semarang: UNNES, 2018).

Masganti Sit, Buku Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Jilid I, ( Medan, Perdana Publishing, 2015).

Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Absolute Media. https://books.google.co.id/books?id=iHHwDwAAQBAJ.

Muniriyanto Muniriyanto And Suharnan Suharnan, “Keharmonisan Keluarga, Konsep Diri Dan Kenakalan Remaja,” Persona:Jurnal Psikologi Indonesia 3, No. 02 (2014), https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.380.

Munisa, “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Di TK Panca Budi Medan,” Jurnal Abdi Ilmu 13, no. 1979–5408 (2020): 102–14, https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/896/847.

Milana Abdillah Subarkah, “Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak,” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan 15, no. 1 (2019): 125–39, https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374.

Nashihin, H. (2019a). Analisis Wacana Kebijakan Pendidikan (Konsep dan Implementasi). CV. Pilar Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=SXcqEAAAQBAJ

Nashihin, H. (2019b). Konstruksi Budaya Sekolah Sebagai Wadah Internalisasi Nilai Karakter. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(1), 131–149.

Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: buku ajar praktis cara membuat penelitian. Pantera Publishing. https://books.google.co.id/books?id=j-igDwAAQBAJ.

Putri Hana Pebriana, Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol I iSSUE I (2017).

Puji Asmaul Chusna, “Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak,” Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan 17, no. 2 (2020): 315–30, https://e-resources.perpusnas.go.id:2093/doi/abs/10.1142/S0192415X20500500.

Ramdhan Witarsa dkk, Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasa, Jurnal Pedagogik Vol. VI, No. 1, Februari 2018

Rika Yuliani Putri and Nur Hazizah, “Pengaruh Bermain Gagdet Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini,” Pendidikan Guru Anak Usia Dini 1, no. 3 (2019).

Rodhi, N. N. (2022). Metodologi Penelitian. Media Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=RGVYEAAAQBAJ

Santosa. (2019). Buku Ajar Metodologi Penelitian. PT Penerbit IPB Press. https://books.google.co.id/books?id=MbsREAAAQBAJ

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendalaman Kualitatif, dan R & D. In CV. Alfabeta. Alfabeta. https://books.google.co.id/books?id=0xmCnQAACAAJ

Sukardi. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya (Edisi Revisi). Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=gJo%5C_EAAAQBAJ

Downloads

Published

2022-08-28