Penanaman Karakter Anak Usia Dini Melalui Program Pembiasaan Pola Hidup Bersih dan Sehat di RA Miftahul Falah Gondosuli
DOI:
https://doi.org/10.59944/jipsi.v1i1.14Keywords:
Penanaman Karakter, Anak Usia Dini, Pembiasaan Pola Hidup Bersih dan SehatAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui penanaman karakter AUD melalui program pembiasaan PHBS. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di RA Miftahul Falah Gondosuli pada 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan pelaksanaan program pembiasaan PHBS sebagai penanaman pendidikan karakter yaitu menerapkan 4K, program cinta lingkungan kelas, sanksi bagi yang tidak menerapkan PHBS, memberikan contoh dan menempel gambar penerapan PHBS. Nilai karakter yang dihasilkan yaitu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, tanggung jawab, kedisiplinan, bekerja sama dengan sesama teman, dan tidak melanggar pembiasaan. Faktor pendukung pembiasaan PHBS ialah ketersediaan sarana prasarana, contoh pembiasaan PHBS, kerjasama pihak sekolah dengan wali murid, perilaku yang baik dan kesadaran kebersihan, rasa cinta dan ingin merawat terhadap kebersihan, kedisiplinan dalam menjaga kebersihan dan peraturan yang mengikat. Faktor penghambat PHBS yaitu kurangnya tanggungjawab dan kesadaran dalam menjaga kebersihan, kurangnya pengawasan, adanya pengaruh dari peserta didik yang belum menerapkan PHBS, dan kurangnya pemahaman tentang pentingnya menjaga kebersihan.
References
Ali, A. M. (2018). Pendidikan Karakter: Konsep dan implementasinya. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=fT3NDwAAQBAJ
Astuti, Apriliana Kuntoro. “Pelaksanaan Perilaku Sehat Pada Anak Usia Dini di PAUD Purwomukti Desa Batur Kecamatan Getasan.” Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 6, no. 3 (28 September 2016): 264. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p264-272.
Chairilsyah, Daviq. “Teaching Early Childhood to be Healthy and Clean in Everyday Life.” Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) 5, no. 1 (2020): 28. http://dx.doi.org/10.33578/ pjr.v5i1.8201.
Haedari, M. A., & Saha, M. I. (2004). Panorama pesantren dalam cakrawala modern. Diva Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=k7fJPAAACAAJ
Husna Nashihin. (2017). Pendidikan Akhlak Kontekstual. CV. Pilar Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=UBWiDwAAQBAJ
Iswanto, A. (2013). Pendidikan karakter di madrasah ibtidaiyah unggulan. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, Kementerian Agama. https://books.google.co.id/books?id=%5C_WAUogEACAAJ
Kholish, A., Hidayatullah, S., & Nashihin, H. (2020). Character Education of Elderly Students Based on Pasan Tradition at Sepuh Islamic Boarding Shool Magelang. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 3(1), 48. https://doi.org/10.31764/ijeca.v3i1.2061
M. Mahbubi. (2012). Pendidikan Karakter. In Pendidikan karakter: implementasi aswaja sebagai nilai pendidikan karakter. Agrapana Media. https://books.google.co.id/books?id=fcAZEAAAQBAJ
Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Absolute Media. https://books.google.co.id/books?id=iHHwDwAAQBAJ
Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363
Murtadho, M. (2017). Model-model pendidikan karakter di madrasah. CV. Baroena Daya. https://books.google.co.id/books?id=84CxtQEACAAJ
Nashihin, H. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren. Formaci. https://books.google.co.id/books?id=X27IDwAAQBAJ
Nashihin, H. (2018a). Praksis Internalisasi Karakter Kemandirian Di Pondok Pesantren Yatim Piatu Zuhriyah Yogyakarta. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.18860/jpai.v5i1.6234
Nashihin, H. (2018b). PRAKSIS INTERNALISASI KARAKTER KEMANDIRIAN DI PONDOK PESANTREN YATIM PIATU ZUHRIYAH YOGYAKARTA. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1). https://doi.org/10.18860/jpai.v5i1.6234
Nashihin, H. (2019a). Konstruksi Budaya Sekolah Sebagai Wadah Internalisasi Nilai Karakter. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(1), 131–149.
Nashihin, H. (2019b). تطبيق طريقة مباشرة في تعليم اللغة العربية في معهد الشيخ ابن باز يوجياكرتا. Proceedings of 2nd International Conference on ASIC, 275–281. https://doi.org/10.1109/icasic.1996.562734
Nashihin, H., Rachmank, Y. A., & Hermawati, T. (2022). Pencegahan Stunting Melalui Kader Bina Keluarga Balita ( BKB ) di Dusun Ponoradan Desa Tanjungsari Kecamatan Tlogomulyok. 1(1), 139–150.
Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: buku ajar praktis cara membuat penelitian. Pantera Publishing. https://books.google.co.id/books?id=j-igDwAAQBAJ
Santosa. (2019). Buku Ajar Metodologi Penelitian. PT Penerbit IPB Press. https://books.google.co.id/books?id=MbsREAAAQBAJ
Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=tzPwDwAAQBAJ
Wahyu. (2016). Pendidikan Karakter. In Pendidikan Karakter (Issue April). Gramedia Widiasarana Indonesia. https://repository.penerbitwidina.com/publications/327024/pendidikan-karakter
Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar& Implementasi. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=%5C_qVADwAAQBAJ