Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Tradisional dan Modern sebagai Upaya Menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (Studi di Pondok Pesantren Asy Syamsuriyah Brebes)

Authors

  • Abu Kholish STAI Brebes, Indonesia
  • Muhammad Chafidz Ali Wafa Islamic University Malaysia (IIUM), Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.59944/jipsi.v1i1.1

Keywords:

Pendidikan Islam, Multikultural, Pondok Pesantren

Abstract

Latar belakang penelitian ini ada 4 (empat), yaitu, pertama, arus globalisasi saat ini mengharuskan pendidikan multikultural dipondok pesantren tradisional dan modern dilaksanakan secara konstruktif. Kedua, model pendidikan multikultural pondok pesantren tradisional dan modern terus dilestarikan dan dijaga guna menjawab tantangan zaman. Ketiga, pola model pendidikan multikultural pondok pesantren tradisional dan modern perlu untuk terus dikaji dan dikembangkan guna menemukan pola yang ideal. Keempat, diperlukan sebuah model pendidikan multikultural pondok pesantren tradisonal dan modern. Penelitian lapangan ini menggunakan analisis data kulitatif deskriptif, sehingga tujuan penelitian ini mendeskripsikan integrasi model pendidikan pondok pesantren salaf dan khalaf di Pondok Pesantren Asy Syamsuriyah Brebes. Hasil penelitian ini meunjukkan bahwa implementasi model pendidikan multikultural  pondok pesantren tradisional dan modern di Pondok Pesantren As Syamsuriyah Brebes dapat dilihat dalam pola aplikasi integralistik pendidikan sekolah ke dalam lingkungan pendidikan pesantren yang terdiri dari TK Taswirul Afkar, MTs As Syamsuriyah, MA dan SMK As Syamsuriyah. Landasan filosofis model pendidikan multikultural pondok pesantren tradisional dan modern di Pondok Pesantren As Syamsuriyah Brebes mengacu pada Al Qur’an surat Al Hujurat ayat 13. implementasi model pendidikan multikultural pondok pesantren tradisional dan modern di Pondok Pesantren As Syamsuriyah Brebes didasarkan pada tiga aspek, yaitu aplikasi penggunaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari santri di lingkungan pondok pesantren, penerapan nilai-nilai filosofis berbasis multikultural dan implementasi pemberian materi pelajaran berbasis multikultural. Pondok pesantren asy syamsuriyah juga turut andil dalam menjaga NKRI, itu terbukti dengan kontribusi pendidikan dan pengajaran yang sudah di berikan kepada santri dan masyarakat sekitar baik secara internal dalam pendidikan formal pesantren maupun eksternal dalam bentuk diskusi maupun pelatihan.

References

Ainurrafiq, Pesantren dan Pembaharuan: Arah dan Implikasi, dalam Abuddin Nata, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Islam di Indonesia, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2001.

Ahmad Munjin, Kajian Fiqih Sosial Dalam Bahtsul Masail, Kediri: P.P Lirboyo, 2002.

Amin Haedari dkk, Panorama Pesantren dalam Cakrawala Modern, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Azyumardi Azra, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos, 1999.

Bungin, Burhan, Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya, Jakarta: Kencana, 2007.

Bedong, M A R et al. 2020. Mainstreaming Moderasi Beragama dalam Dinamika Kebangsaan. IAIN Parepare Nusantara Press. https://books.google.co.id/books?id=1qTdDwAAQBAJ.

De Graaf, Beatrice A., dan Kees van den Bos. 2021. “Religious radicalization: social appraisals and finding radical redemption in extreme beliefs.” Current Opinion in Psychology40: 56–60. https://doi.org/10.1016/j.copsyc.2020.08.028.

Husna Nashihin. 2017a. Pendidikan Akhlak Kontekstual. CV. Pilar Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=UBWiDwAAQBAJ.

Kholish, Abu, Syarif Hidayatullah, dan Husna Nashihin. 2020. “Character Education of Elderly Students Based on Pasan Tradition at Sepuh Islamic Boarding Shool Magelang.” IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application)3(1): 48. http://journal.ummat.ac.id/index.php/IJECA/article/view/2061.

Majid, N. 1998. Dialog keterbukaan: artikulasi nilai Islam dalam wacana sosial politik kontemporer. Paramadina. https://books.google.co.id/books?id=pRTYAAAAMAAJ.

Mujamil Qomar. 2021. Moderasi Islam Indonesia. IRCiSoD. https://books.google.co.id/books?id=ZygSEAAAQBAJ.

Mukhtazar. 2020. Prosedur Penelitian Pendidikan. Absolute Media. https://books.google.co.id/books?id=iHHwDwAAQBAJ.

Mustafida, F. 2021. Pendidikan Islam Multikultural. Bandung: PT. Raja Grafindo Persada. https://books.google.co.id/books?id=6lsaEAAAQBAJ.

Nashihin, H. 2019. Analisis Wacana Kebijakan Pendidikan (Konsep dan Implementasi). CV. Pilar Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=SXcqEAAAQBAJ

Nashihin, Husna. 2017b. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren. Formaci. https://books.google.co.id/books?id=X27IDwAAQBAJ.

———. 2018. “PRAKSIS INTERNALISASI KARAKTER KEMANDIRIAN DI PONDOK PESANTREN YATIM PIATU ZUHRIYAH YOGYAKARTA.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam5 (1). http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jpai/article/view/6234.

———. 2019a. “HUMANISASI FIKIH DALAM FENOMENA ‘AZAN TOLERAN’ PADA MASYARAKAT TANI TEMANGGUNG.” JURNAL ISLAM NUSANTARA3(1): 1. http://jurnalnu.com/new/index.php/as/article/view/124.

———. 2019b. Proceedings of 2nd International Conference on ASIC.

———. 2022. “KONSTRUKSI PENDIDIKAN PESANTREN BERBASIS TASAWUF-ECOSPIRITUALISM.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam11(01): 1163–76.

Nashihin, Husna, dan Tri Asih. 2019. “PEMANFAATAN KANTIN KEJUJURAN SEBAGAI MODEL EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN ZUHRIYAH YOGYAKARTA.” At Turots: Jurnal Pendidikan Islam1(2): 54–81. http://journal.stitmadani.ac.id/index.php/JPI/article/view/10.

Nashihin, Husna, M Daud Yahya, dan Noor Aziz. 2020. “Morality and Expression of Religious Moderation in " Pecinan ”.” (Dalimunthe 2016): 24158–68.

Nasihin, Husna, dan Puteri Anggita Dewi. 2019. “Tradisi Islam Nusantara Perspektif Pendidikan Multikultural.” Islam Nusantara03(02): 417–38. https://jurnalnu.com/index.php/as/article/view/135.

Ramli, Ramli. 2019. “Moderasi Beragama bagi Minoritas Muslim Etnis Tionghoa di Kota Makassar.” KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan12(2): 135–62.Santosa. 2019. Buku Ajar Metodologi Penelitian. PT Penerbit IPB Press. https://books.google.co.id/books?id=MbsREAAAQBAJ.

Sugiyono. 2013. CV. Alfabeta Metode Penelitian Pendidikan: Pendalaman Kualitatif, dan R & D. Alfabeta. https://books.google.co.id/books?id=0xmCnQAACAAJ.

Wahyuni, Salamah. 2012. “Moslem Community Behavior in The Conduct of Islamic Bank: The Moderation Role of Knowledge and Pricing.” Procedia -Social and Behavioral Sciences57: 290–98.

Yaqin, A. 2021. Pendidikan Multi Kultural. Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=Y34SEAAAQBAJ.

Downloads

Published

2022-08-22