Strategies for instilling patriotism in islamic religious education at mts ma'arif darul aman pringsurat

Authors

  • Afan Nur Khamal INISNU Temanggung, Indonesia
  • Sigit Tri Utomo INISNU Temanggung, Indonesia
  • Ana Sofiyatul Azizah INISNU Temanggung, Indonesia
  • Jundil Islam Muhammad Muslikhin King Kholid University Abha, Saudi Arabia

DOI:

https://doi.org/10.59944/amorti.v3i4.340

Keywords:

Strategies, Instilling Patriotism, Islamic Religious Education.

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman peserta didik MTs Ma'arif Darul Aman Pringsurat tentang pentingnya cinta tanah air dan nilai-nilai nasionalisme dapat berdampak negatif pada pembentukan karakter, akhlak, dan identitas nasional. Tanpa pemahaman yang cukup, peserta didik MTs Ma'arif Darul Aman Pringsurat dapat menghambat tumbuhnya generasi yang mencintai negara, perilaku berakhlak mulia, memiliki rasa tanggung jawab terhadap pembangunan bangsa, dan menjaga persatuan serta kesatuan Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk menganalisis strategi, pelaksanaan dan faktor pendukung dan penghambat strategi penanaman karakter cinta tanah air dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs Ma'arif Darul Aman Pringsurat.

Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan, dengan metode penelitian kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini mengambil data dari sumber data primer yang berupa hasil wawancara, serta sumber data sekunder yang berupa hasil observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data peneliti mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber.

Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, strategi penanaman karakter cinta tanah air dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs Ma'arif Darul Aman Pringsurat, melalui pengalaman langsung seperti kegiatan upacara bendera, kegiatan ekstrakurikuler, dan peringatan hari-hari besar islam. Kedua, pelaksanaan penanaman karakter cinta tanah air dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs Ma'arif Darul Aman Pringsurat dengan menanaman karakter cinta tanah air dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, termasuk pemahaman konsep cinta tanah air dalam Islam, integrasi dalam materi pembelajaran, dan pengalaman lapangan. Ketiga, faktor pendukung strategi penanaman karakter cinta tanah air dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs Ma'arif Darul Aman Pringsurat adalah komunikasi guru-peserta didik, kerja sama antara guru dan tenaga kependidikan, kerja sama dengan pengurus pondok, dan kerja sama dengan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah perbedaan jadwal antara sekolah dan pondok, perbedaan persepsi, lingkungan pergaulan peserta didik, dan pengaruh gadget.

References

Andi Prastowo. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Ar-Ruzz Media.

Asmoro Achmadi. (2009). Filsafat Pancasila dan Kewarganegaraan. Media Group.

Atika, & Tri, N. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(1).

Ball, D. L., & Forzani, F. M. (2009). The Work of Teaching and the Chalwngge for Teacher Education. Journal International Of Teacher Education: SAGE Publication. https://doi.org/10.1177/0022487109348479

Dewi, D. A., & Listiana, Y. R. (2021). Pengaruh Globalisasi Terhadap Rasa Cinta Tanah Air Pelajar di Banyumas. Indonesia Journal of Islamic Studies, 2(1), hlm. 30-31.

Dharma Kesuma, Cepi Triatna, & Johar Permana. (2014). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. PT Remaja Rosdakarya.

Fahim Yustahar. (2020). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Tradisi Ta’dzim Terhadap Kyai di Pesantren Mahapeserta didik An Najah Purwokerto. IAIN Purwokerto.

Fathoni. (2023, July). Kiai Said: Cinta Tabah Air Penjaga Bangsa dari Perpecahan. NU Online. http://www.nu.or.id/post/read/68797/kiai-said-cinta-tanah-airpenjaga-bangsa-dari-perpecahan

Hadisi, L., Hakim, M. R., Musthan, Z., Nashihin, H., & Kendari, I. (2023). Implementation of Learning Management In Building an Attitude of Religious Tolerance at State High Schools In The Muna District. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, c, 1879–1892. https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4296

Jatmiko Wibisono, Hafidz, Iffat Abdul Ghalib, H. N. (2023). Konsep Pemikiran Pembaharuan Muhammadiyah Bidang Pendididkan (Studi Pemikiran Muhammad Abduh). Attractive : Innovative Education Journal, 5(2), 514–522.

Rhain, A., Hafidz, Nashihin, H., Srihananto, T. H., & Hermawati, T. (2023). Tahsin Reading Assistance for Islamic Boarding School Tahfidz Qur’an Muhammadiyah Daarul Arqom Sawahan Ngemplak Boyolali. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 2(1), 27–44. https://doi.org/10.55927/jpmb.v2i1.2729

Melong, L. J. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mohammad Nuh. (2014). Pendidikan Karakter untuk Bangsa yang Sejahtera. Amzah.

Sudrajat. (2017). Pendidikan Karakter: Strategi dan Implementasi. Pustaka Setia.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Media Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualititif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Raja Grafindo.

Downloads

Published

2024-10-09

How to Cite

Afan Nur Khamal, Sigit Tri Utomo, Ana Sofiyatul Azizah, & Jundil Islam Muhammad Muslikhin. (2024). Strategies for instilling patriotism in islamic religious education at mts ma’arif darul aman pringsurat. Amorti: Jurnal Studi Islam Interdisipliner, 3(4), 163–167. https://doi.org/10.59944/amorti.v3i4.340