Habituasi Metode Lips Reading pada Pembelajaran BTQ bagi Santri Tunarungu di Pondok Pesantren Abata Temanggung

Authors

  • Anisa Rachma Agustina INISNU Temanggung
  • Luluk Ifadah INISNU Temanggung
  • Nur Alfi Muanayah INISNU Temanggung

DOI:

https://doi.org/10.59944/amorti.v1i2.37

Keywords:

Metode Lips Reading, ABK, Pondok Pesantren Abata

Abstract

Artikel ini ialah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan pedadodik. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Pondok Pesantren Abata adalah pondok pesantren tunarungu yang menyediakan pendidikan gratis bagi santri tunarungu visi dari PP Abata adalah memverbalkan bahasa bagi anak tunarungu. Penelitian ini memiliki latar belakang sebagai berikut: pertama, keterbatasa pemeblajaran agama bagi Anak Berkebutuhan Khusus, PP khusus bagi tuanrungu masih jarang. Kedua, penggunaan metode tertentu harus dilaksanakan supaya dapat memaksimalkan pembelajaran khususnya pembelajaran BTQ ketiga, penggunaan metode lips reading pada pembelajaran bagi ABK tuanrungu. Keempat, metode lips reading adalah salah satu terapi wicara yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Kelima, kurangnya tenaga terapis yang kompeten memhami dunia ketunarungguan . Selanjutnya terdapat enam hal yang perlu dikaji yakni: Pertama,implementasi metode lips reading pada pembelajaran BTQ di PP Abata Temanggung. Kedua, tantangan penggunaan metode lips reading. Ketiga, kendala penggunaan metode lips reading. Keempat, syarat penggunaan metode lips reading. Kelima, metode habituasi lips reading.

References

Aripranswati, R. (2022). Wawancara Pribadi.

Bekti Agustiningrum, M. D. (2013). Penanaman Proses Pendisiplinan Diri Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu Wicara) dalam Pembelajaran Tari Tradisional. Cakrawala Dini, 1(1), 31–39.

Cahyono, G. (2019). Perencanaan Pembelajaran PAI Berbasis Media Visual Bagi Anak Tuna Rungu. IQRO, 2(1), 81–98.

Cahyono, G., Utomo, S. T., & Winarni, E. (2008). Strategi Pemberian Reward Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SDIT Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang Kartasura. 55–65.

Firmansah, K. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Habituasi. Journal Irfani, 13(1), 131–138.

Haenudin. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu (Peserta Didik Berkebutuhan Khusus dengan Hambatan Pendengaran). Luxima.

Husna Nashihin, Nazid Mafaza, & M.Okky Haryana. (2021). IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PERSPEKTIF TEORI EDWARD DEMING, JURAN, DAN CROSBY. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 50–60. https://doi.org/10.51468/jpi.v3i1.60

Latifah, I. (2022). Wawancara Pribadi.

Listiyana, T. A. (2022). Wawancara Pribadi.

Murbawanti, D. (2022). Wawancara Pribadi.

Nashihin, H. (2018). PRAKSIS INTERNALISASI KARAKTER KEMANDIRIAN DI PONDOK PESANTREN YATIM PIATU ZUHRIYAH YOGYAKARTA. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1). https://doi.org/10.18860/jpai.v5i1.6234

Nashihin, H. (2019). Analisis Wacana Kebijakan Pendidikan (Konsep dan Implementasi). CV. Pilar Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=SXcqEAAAQBAJ

Putri, G. A. (2019a). Pengembangan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Tunarungu Dengan Metode Pembelajaran Speechereading Di TKLB B Yakut Purwokerto. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.

Putri, G. A. (2019b). Pengembangan Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Tunarungu dengan Metode Pembelajaran Speechreading di TKL B Yakut Purwokerto. IAIN Purwokerto.

Rapisa, D. R. (2021). Sistem Komunikasi Anak Dengan Hambatan Pendengaran (I). Deepublish.

Robbaniyah, Q., Lina, R., Ustadz, S., Rofiq, A., Islami, F. Al, & Faiz, A. (2022). Konstribusi Pemikiran Abu Nida ` dalam Pengembangan Pendidikan Islam Pondok Pesantren di Indonesia Pendahuluan Dalam disertasinya , Prof Noorhaidi Hasan dari UIN Sunan kalijaga , menyebut tiga salafi di Indonesia . Mereka memulai dakwah aktif pada sekitar. 1(1), 23–34.

Sauminatun, N. (2022). Wawancara Pribadi.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (19th ed.). Alfabeta CV.

Susianti, C. (2016). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi Halaman, 2(1), 1–19.

Tat, B. A., Hudin, R., & Nardi, M. (2021). Metode Pembelajaran dalam Mengembangkan Interaksi Sosial Anak Tunarungu. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(1), 21–32.

Yahya, M. D., Zazimatul, A., & Soliqah, I. (2022). Amorti : Jurnal Studi Islam Interdisipliner Akulturasi Budaya pada Tradisi Wetonan dalam Perspektif Islam. 1(1), 55–67.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Agustina, A. R., Ifadah, L. ., & Muanayah, N. A. (2022). Habituasi Metode Lips Reading pada Pembelajaran BTQ bagi Santri Tunarungu di Pondok Pesantren Abata Temanggung. Amorti: Jurnal Studi Islam Interdisipliner, 1(2), 92–102. https://doi.org/10.59944/amorti.v1i2.37