Strategi Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah berbasis Publikasi pada Guru SMP Medan Marelan: Studi Hukum, Manajemen, dan Psikologi

Authors

  • Armanila Universitas Al Washliyah Medan, Indonesia
  • Hotni Sari Harahap Universitas Al Washliyah Medan, Indonesia
  • Abdul Halim Universitas Al Washliyah Medan, Indonesia
  • Hasnah Siahaan Universitas Al Washliyah Medan, Indonesia
  • Mahdee Maduerawae Fatoni University Thailand, Thailand

DOI:

https://doi.org/10.59944/amorti.v1i1.9

Keywords:

Pelatihan Penulisan, Karya Ilmiah, Guru

Abstract

Penelitian tentang strategi pelatihan ini bertujuan untuk melakukan pelatihan penulisan karya ilmiah berbasis publikasi terhadap para guru SMP, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penulisan karya ilmiah berbasis publikasi terhadap para guru SMP Se Ke-camatan Medan Marelan. Melalui Metode berparadigma ganda yaitu kuantitatif dan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil pelatihan melalui tiga tahapan berupa penyampaian materi, pembimbingan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan keterampilan dengan nilai rerata sebesar 55,45 % menjadi 75,90 %. Faktor pendukungnya yaitu sambutan psitif para guru dan sekolah SMP swasta bina taruna dan semangat peserta pelatihan dalam mengikuti acara hingga selesai. Sedangkan hambatannya yaitu target pelatihan masih di bawah standar perencanaan tim pengabdian, tidak ada peserta yang membawa tulisan sebelumnya, sertlingkungan sekolah para guru-guru SMP masih sangat minim.

References

Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional. Prenadamedia Grup.

Baharuddin, & Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Medan.

Haudi. (2020). Dasar-dasar Pendidikan. Insan Cendekia Mandiri. https://doi.org/978-623-6977-61-3

Hayuhantika, D. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Sebagai Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru Smpn 3 Ngunut. Jurnal Adimas, 5, 13–17.

Julianto, V. (2019). Faktor-Faktor Penghambat Meningkatnya Kemampuan Publikasi di Program Studi Psikologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Psikologi Integratif, 6(2), 131. https://doi.org/10.14421/jpsi.v6i2.1525

Karya Tulis Ilmiah bagi Guru - Kompasiana. (n.d.).

Khadijah. (2013). Belajar dan Pembelajaran.

Mike, D. B. dan H. (2016). Quantum Learning: Membiasakan Belajar nyaman dan Menyenangkan (Penerjemah Alawiyah Abdurrahman (Ed.); 2nd ed.). Kaifa Learning.

Muhri, A. (2012). Identifikasi Masalah Yang Dihadapi Guru Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah. In Https://Lpmpsulsel.Kemdikbud.Go.Id/ (p. 1). https://lpmpsulsel.kemdikbud.go.id/artikel/identifikasi-masalah-yang-dihadapi-guru-dalam-penulisan-karya-tulis-ilmiah

Nashihin, H. 2019. Analisis Wacana Kebijakan Pendidikan (Konsep dan Implementasi). CV. Pilar Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=SXcqEAAAQBAJ.

Nashihin, Husna. 2017a. “Mengikis Budaya Patriarkhi-Domestic Melalui Pendekatan Pengkajian Islam Perspektif Gender.” Cita Ilmu.

Nashihin, Husna, Yenny Aulia Rachmank, dan Triana Hermawati. 2022. “Pencegahan Stunting Melalui Kader Bina Keluarga Balita ( BKB ) di Dusun Ponoradan Desa Tanjungsari Kecamatan Tlogomulyok.” 1(1): 139–50.

Nashihin, Husna, M Daud Yahya, dan Noor Aziz. 2020. “Morality and Expression of Religious Moderation in " Pecinan ”.” (Dalimunthe 2016): 24158–68.

Nasihin, Husna, dan Puteri Anggita Dewi. 2019. “Tradisi Islam Nusantara Perspektif Pendidikan Multikultural.” Islam Nusantara 03(02): 417–38. https://jurnalnu.com/index.php/as/article/view/135.

Pardede, O. B., & Ariga, H. P. S. (2018). Analisis Faktor-Faktor Kendala Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Dampaknya terhadap Motivasi Meneliti oleh Guru di SMP se-Kecamatan Medan Selayang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1, 71– 77.

Pendahuluan, A. (2007). PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU Oleh : Kokom Komariah.

Wijaya, I. (2018). Professional Teacher: Menjadi Guru Profesional. CV Jejak.

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Armanila, Harahap, H. S., Halim , A. ., Siahaan , H. ., & Maduerawae, M. (2022). Strategi Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah berbasis Publikasi pada Guru SMP Medan Marelan: Studi Hukum, Manajemen, dan Psikologi. Amorti: Jurnal Studi Islam Interdisipliner, 1(1), 32–41. https://doi.org/10.59944/amorti.v1i1.9