Konstruksi Pendidikan Islam Nusantara Berwawasan Multikultural di STAI Brebes Jawa Tengah

Authors

  • Edi Susanto Sekolah Tinggi Agama Islam Brebes, Indonesia
  • Triana Hermawati Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59944/amorti.v1i1.11

Keywords:

Konstruksi, Pendidikan Islam Nusantara, Multikultural

Abstract

Penelitian lapangan ini menggunakan pendekatan Filsafat Pendidikan Islam dalam mengkaji konstruksi pendidikan Islam Nusantara berwawasan multikultural di STAI Brebes. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif deskriptif. Ada lima latar belakang yang menjadikan penelitian ini urgen dilakukan, pertama, realitas sosio kultural masyarakat Indonesia yang sangat plural. Kedua, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 4 tentang Prinsip Penyelenggaraan Pendidikan Nasional mengamanatkan pelaksanaan pendidikan nasional harus menjunjung tinggi nilai multikultural. Ketiga, konstruksi pendidikan Islam Nusantara berwawasan multikultual di STAI Brebes bisa menjadi contoh bagi perguruan tinggi lain. Keempat, pendidikan Islam Nusantara berwawasan Multikultural menjadi penting direalisasikan ditengah masyarakat yang plural seperti Indonesia. Kelima, belum ada penelitian yang mengkaji pendidikan Islam Nusantara berwawasan Multikultural di STAI Brebes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pertama, pendidikan Islam Nusantara berwawasan multikultual di STAI Brebes dilaksanakan dengan dikedepankannya pendekatan moderat melalui tiga pilar Islam Nusantara, yaitu pemikiran, gerakan, dan perbuatan. Kedua, Landasan filosofis pendidikan Islam Nusantara berwawasan multikultual di STAI Brebes ada tiga yaitu manusia adalah makhluk yang dipilih Allah, manusia dengan segala kelalaiannya diharapkan menjadi wakil Allah di bumi, dan manusia diberi kemampuan untuk mengetahui semua nama dan konsep. Ketiga, Tujuan pendidikan Islam Nusantara berwawasan multikultual di STAI Brebes terdiri dari tujuan individual, sosial, dan profesional. Keempat, nilai-nilai pendidikan Islam Nusantara berwawasan multikultural yang ada di STAI Brebes antara lain; tawadhu’, tawadzun, ta’adul, tasamuh, musawah, syura, islah, aulawiyah, tathawwur, ibtikar, tahadlur, dan muwathanah.

References

Ag, M J M. Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=0BVNDwAAQBAJ.

Anggaini, Syifa Nur et al. 2022. “Strategi Pendidikan Multikulturalisme dalam Merespon Paham Radikalisme.” Jendela Pendidikan 02(01): 30–38.

Anwar, Rosyida Nurul, dan Siti Muhayati. 2021. “PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI Keanekaragaman Indonesia meliputi agama , bahasa , suku , tradisi , adat budaya , dan warna kulit ( Azizah and Purjatian , 2015 ). Keanekaragaman yakni bersikap adaptif , insklusif dan toleran tersebu.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 12(1): 1–15.

Arif, Sabarudin dan Mahmud. 2019. “Multikulturalisme kyai pesantren.”

Chudzaifah, Ibnu, dan Afroh Nailil Hikmah. 2022. “MODERASI BERAGAMA : Urgensi dan Kondisi Keberagamaan di Indonesia.” 8(1): 49–56.

Hafidz, dan Husna Nashihin. 2021. “IMPLEMENTASI TOTALQUALITYMANGEMENT (TQM) DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HUDA YOGYAKARTA.” As-Sibyan 3(2): 37–50. https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/As_Sibyan/article/view/189.

Islam, Indonesia. Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama. 1995. Filsafat pendidikan Islam. Bumi Aksara bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam,Departemen Agama.

Jamaluddin, Jamaluddin. 2022. “Implementasi Moderasi Beragama di Tengah Multikulturalitas Indonesia (Analisis Kebijakan Implementatif pada Kementerian Agama).” AS-SALAM Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Keislaman 7(1): 1–13. https://journal.stai-yamisa.ac.id/index.php/assalam/issue/view/10.

Kholish, Abu. 2022. “Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Tradisional dan Modern sebagai Upaya Menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia ( Studi di Pondok Pesantren Asy Syamsuriyah Brebes ) Pendahuluan Salah satu topik yang sering di diskusikan pada era global adalah.” x(x): 1–12.

Kholish, Abu, Syarif Hidayatullah, dan Husna Nashihin. 2020. “Character Education of Elderly Students Based on Pasan Tradition at Sepuh Islamic Boarding Shool Magelang.” IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application) 3(1): 48. http://journal.ummat.ac.id/index.php/IJECA/article/view/2061.

Mukhlisin, Ahmad, dan Jauharotun Nafisah. 2021. “Advokasi Santri Melalui Pemahaman Islam Multikultur Untuk Mencegah Islam Radikal Di Lampung Tengah.” 2(3): 1–21.

Mukhtazar. 2020. Prosedur Penelitian Pendidikan. Absolute Media. https://books.google.co.id/books?id=iHHwDwAAQBAJ.

Mustafida, F. 2021. Pendidikan Islam Multikultural. Bandung: PT. Raja Grafindo Persada. https://books.google.co.id/books?id=6lsaEAAAQBAJ.

Nashihin, H. 2019. Analisis Wacana Kebijakan Pendidikan (Konsep dan Implementasi). CV. Pilar Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=SXcqEAAAQBAJ.

Nashihin, Husna. 2017. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren. Formaci. https://books.google.co.id/books?id=X27IDwAAQBAJ.

———. 2019. “HUMANISASI FIKIH DALAM FENOMENA ‘AZAN TOLERAN’ PADA MASYARAKAT TANI TEMANGGUNG.” JURNAL ISLAM NUSANTARA 3(1): 1. http://jurnalnu.com/new/index.php/as/article/view/124.

———. 2022. “KONSTRUKSI PENDIDIKAN PESANTREN BERBASIS TASAWUF-ECOSPIRITUALISM.” Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam 11(01): 1163–76.

Nashihin, Husna, M Daud Yahya, dan Noor Aziz. 2020. “Morality and Expression of Religious Moderation in " Pecinan ”.” (Dalimunthe 2016): 24158–68.

Nasihin, Husna, dan Puteri Anggita Dewi. 2019. “Tradisi Islam Nusantara Perspektif Pendidikan Multikultural.” Islam Nusantara 03(02): 417–38. https://jurnalnu.com/index.php/as/article/view/135.

Rahayu, luh riniti, dan putu surya wedra Lesmana. 2019. “Moderasi Beragama di Indonesia.” Intizar 25(2): 95–100.

RaMadhan, Mu’aMMaR. 2015. “DERADIKALISASI AGAMA MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DAN INKLUSIVISME (Studi Pada Pesantren al-Hikmah Benda Sirampog Brebes).” Jurnal SMaRT Volume 01: 177–90.

Rodhi, Nova Nevila. 2022. Metodologi Penelitian. Media Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=RGVYEAAAQBAJ.

Sefriyanti; Sukiman. 2022. “Inovasi Kurikulum PAI berbasis Pembiasaan pada Anak Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal (RA) Azzahra Way Jepara Lampung Timur.” 03(01): 23–42.

Sukardi. 2021. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya (Edisi Revisi). Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=gJo%5C_EAAAQBAJ.

Wahyudi, Dedi, dan Kurniasih Novita. 2021. “Literasi Moderasi Beragama Sebagai Reaktualisasi.” Jurnal Moderasi Beragama 01(1): 1–20.

Yayah, dan Sumadi. 2017. “Nilai-Nilai Pendidikan dalam Tradisi Islam Nusantara.” Jurnal Penelitian Penididikan Islam 5(1): 67–86.

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Susanto, E., & Hermawati, T. (2022). Konstruksi Pendidikan Islam Nusantara Berwawasan Multikultural di STAI Brebes Jawa Tengah. Amorti: Jurnal Studi Islam Interdisipliner, 1(1), 42–54. https://doi.org/10.59944/amorti.v1i1.11