ANALISIS KELAYAKAN BUKU AJAR “QORY ‘AROBY” KARYA DR MUHAMMAD SYAIROZI YANG DIGUNAKAN KELAS II SALAFIYAH ULA ISLAMIC CENTER BIN BAZ
Keywords:
Analisis, Buku ajar, Teori MackeyAbstract
Kajian kelayakan tentang buku ajar di sangatlah penting kerena berkaitan dengan isi materi yang ada di dalamnya, pembuatan buku ajar ahasa Arab harus memperhatikan landasan dan asas asas penyusunanya agar buku ajar yang di hasilkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik yang menggunakanya. Terkhusus pada masalah Apakah buku tersebut telah memenuhi standar kelayakan buku ajar berdasarkan teori ahli dan Bagaimana penyajian dan pentahapan materi dengan konsep seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi. Apa kelebihan dan kekurangan buku Qory ‘Arobi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa buku bahasa Arab (Qory ‘Arobi) yang di gunakan di Salafiyah kelas Iisalafiah Ula Iclamic Centre BinBaz ini sudah sesuai dengan pentahapan dan penyajian menurut teori Mackey yaitu sudah memenuhi tahap seleksi, gradasi, presentasi dan repetisi namun dari sisi penyajianya masih perlu penyesuaian seperti kelengkapan tanda baca tulisan, lampiran silabus, pemaparan secara langsung yang masih perlunya pendampingan intensif dalam pengajaran.
References
Abdul Munif, Strategi dan Kiat Menerjemahkan Teks Bahasa Arab dalam Bahasa Indonesia, Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta 2008.
Abdullah al-Gali dan Abdul Hamid Abdullah, Menyusun Buku Ajar Bahasa Arab, Padang, Akademia Permata, 2012
Ali Muhammad Al-Qasimi dalam buku Syamsuddin Asyrofi, Textbook Pelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta1988.
Al-Madani, M. Syaddad Husein, Muhammad Syafii Tampubolon, Amrin Mustofa, and Muhammad Ghufron, ‘The Challenges of Maharah Kitabah of ICBB Students in Yogyakarta’, Amorti: Jurnal Studi Islam Interdisipliner.
Atabik Ali dan Ahmad Zuhdi Mudlo, Kamus Kontemporer Arab – Indonesia, (Yogyakarta,1998)
Kamus Bahasa Indonesia, (Jakarta: Pusat Bahasa, 2008)
M S Tampubolon, Amrin Mustofa, and Muhammad Ghufron, ‘The Challenges of Maharah Kitabah of ICBB Students in Yogyakarta’, Amorti: Jurnal Studi Islam Interdisipliner.2023
Muhammad Syairozi Dimyati dan faerus masduqy, Qori “arobi, Lafazh Books 2019.
Muhammad yaumi, Prinsip prinsip desain pembelajaran, Kencana prenadamedia, Jakarta, 2013.
Mulyanto Sumardi, Pengajaran Bahasa Asing, Sebuah Tinjauan dari Segi Metodologi, (Jakarta: Bulan Bintang, 1975)
Nurhadi, Tata Bahasa Pendidikan “Landasan Penyusun Buku Pelajaran Bahasa”, Semarang Press, 1995
Pratama, Nanda, Muhammad Syafii Tampubolon, and Khanafi Khanafi, ‘Problematika Pembelajaran Mahasiswa Lulusan Sekolah Umum Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta’ 2022,
Qiyadah Robbaniyah, Roidah Lina, ‘Strategi & Metode Pembelajaran PAI. Yogyakarta 2023.
Sugiyono. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan R & D, Alfabeta, Bandung 2013