Efektivitas Pembelajaran berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Nilai Kognitif Peserta Didik di SMP Maarif Tlogomulyo

Authors

  • Ahmad Aji Pangestu Aji INISNU Temanggung
  • Luluk Ifadah INISNU Temanggung
  • Nur Alfi Muanayah INISNU Temanggung

DOI:

https://doi.org/10.59944/jipsi.v1i2.28

Keywords:

Efektivitas Pembelajaran, Multimedia, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas pembelajaran berbasis multimedia dalam meningkatkan kemampuan peserta didik pada mata pelajaran PAI dan mengetahui faktor penunjang peningkatan nilai kognitif peserta didik dengan pembelajaran berbasis multimedia dalam mata pelajaran PAI. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif (mixed method). Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan (action research), pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kognisi dan kompetensi. Jenis data yang digunakan menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data dalam penelitian terdiri dari sumber data primer dan data sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara terstruktur, angket atau kuesioner, pretest, post-test dan dokumentasi. Triangulasi data yang digunakan adalah triangulasi data dan teoritis. Analisis yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berbasis multimedia dalam mata pelajaran PAI efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik di SMP Maarif Tlogomulyo. Dari hasil analisis, bahwa 100% peserta didik lebih meningkat dalam memahami materi yang telah dijelaskan pendidik. Selain itu, tingkat kesulitan pemahaman sebelumnya 33% menurun menjadi 8% peserta didik. Pada analisis kegiatan, bahwa 86% peserta didik menilai pembelajaran berbasis multimedia efektif diimplementasikan. Analisis nilai kognitif peserta didik mengalami peningkatan dari skor 45 pada pra siklus menjadi 54 pada siklus I dan 68 pada siklus II. Faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran PAI adalah metode yang dilaksanakan tidak monoton menyesuaikan kebutuhan peserta didik, pendidik interaktif dan maksimal mendalami materi, antusias peserta didik meningkat, metode dilaksanakan secara berkelanjutan.

References

Amar, A. (2012). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi: Akar Revolusi dan Berbagai Standarnya. Jurnal Dakwah Tabligh, 13(1), 137–149.

Azhar, A. (2009). Media Pembelajaran. Raja Grafindo.

Cholid, N. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran (M. A. Husna (ed.); Edisi 01). Fatawa Publishing.

Djollong, A. F. (2014). Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif. Jurnal Istiqra’, 2(1), 86–100.

Husna Nashihin, Anisatul Baroroh, & Aslam Ali. (2020). IMPLIKASI HUKUM TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN ISLAM (Telaah atas Hukum Moore, Hukum Metcalfe, dan Hukum Coase). At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 57–73. https://doi.org/10.51468/jpi.v2i2.39

Latifah, A., & Utomo, S. T. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Materi Tayamum dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture. Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 4(1), 45–53.

Lestari, A. S. (2013). Pembelajaran Multimedia. Jurnal At-Ta’dib, 6(2), 84–98.

Limbong, T. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori dan Praktik (A. Rikki (ed.); Edisi 01). Yayasan Kita Menulis.

Meltzer, D. E. (2002). The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics : A Possible “Hidden Variable” in Diagnostic Pretest scores. Journal American Association of Physics Teachers, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215

Napitupulu, R. P. (2022). Keberagaman Budaya Bangsaku Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif (E. Pasaribu (ed.); Edisi 01). Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Nashihin, H. (2019). Analisis Wacana Kebijakan Pendidikan (Konsep dan Implementasi). CV. Pilar Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=SXcqEAAAQBAJ

Pratiwi, H. S., & Utomo, S. T. (2021). Konsep Guru PAI Ideal dalam Buku “Guru Dilarang Mengajar” Karya Hamidulloh Ibda. Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 3(1), 52–62.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Sulandari. (2020). Analisis Terhadap Metoda Pembelajaran Klasikal dan Metoda Pembelajaran E-Learning di Lingkungan Badiklat Kemhan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 176–187.

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif (H. D. Surjono (ed.); Edisi 1). UNY Press.

Warda, M. H. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Teknologi Informasi di MI Miftakhul Ulum Bago Pasirian. Jurnal PETISI, 3(1), 20–28.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif (D. Febiharsa (ed.); Edisi 1). Penerbit Cerdas Ulet Kreatiif.

Downloads

Published

2022-11-10