The Essence of Education in the Perspective of John Dewey
DOI:
https://doi.org/10.59944/postaxial.v1i2.243Keywords:
Education, John Dewey, EssenceAbstract
Pendidikan merupakan kunci dalam pembangunan suatu negara. Masyarakat yang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi lebih mampu membantu pemerintah dalam membangun negara bersama-sama. Pemerintah dapat memberikan fasilitas yang mendukung dalam bidang pendidikan dengan memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman. Pendidikan yang berlandaskan dari pengalaman akan lebih tertanam dalam benak masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menggali makna pendidikan yang lebih dalam terkait pendidikan yang dilihat dari sudut pandang John Dewey. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka atau perpustakaan, di mana sumber yang diperoleh berasal dari buku, artikel, maupun makalah yang masih berhubungan erat pada tema penelitian. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik kualitatif yang berbentuk deskriptif. John Dewey merupakan salah satu filosof yang pemikirannya dapat mengubah peradaban dunia, salah satunya dalam bidang pendidikan. Empat konsep fundamental dalam pemikiran filsafat John Dewey yang memberikan warna dalam pemikirannya dalam bidang pendidikan, yaitu pengalaman, pertumbuhan, transaksi, Salah satu kata kunci dalam filsafat John Dewey secara keseluruhan dan bukan hanya dalam filsafat pendidikannya adalah “pengalaman” (experience).
References
Albantani, A. M., Madkur, A., & Rozak, A. (2022). Student Self Regulated Learning Strategy In Online Arabic Learning. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 5(1). https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v5i1.13582
Burks, D. M. (1968). John Dewey and rhetorical theory. Western Speech, 32(2), 118–126.
Dana, M. A. (2020). At-Tarbiyah Sebagai Konsep Pendidikan dalam Islam. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 6(1), 88–104.
Dewey, J. (1904). The Relation of Theory to Practice in Education. Teachers College Record: The Voice of Scholarship in Education, 5(6), 9–30. https://doi.org/10.1177/016146810400500601
Dewey, J. (1906). The experimental theory of knowledge. Mind, 15(59), 293–307.
Dewey, J. (1996). Theory of the moral life. Ardent Media.
Dewey, J. (2022). The collected works of John Dewey. DigiCat.
Dewey, J., & Boydston, J. A. (1988). The Later Works of John Dewey, 1925-1953: 1938-1939, Experience and Education, Freedom and Culture, Theory of Valuation, and Essays. SIU Press.
Dewey, R. E. (2012). The philosophy of John Dewey: a critical exposition of his method, metaphysics and theory of knowledge. Springer Science & Business Media.
Fitrianto, I., Hamid, R., & Mulalic, A. (2023). The effectiveness of the learning strategy" think, talk, write" and snowball for improving learning achievement in lessons insya’at Islamic Boarding School Arisalah. International Journal of Post Axial: Futuristic Teaching and Learning, 13–22.
Hildebrand, D. L. (2022). John Dewey. In The Routledge Companion to Pragmatism (pp. 26–34). Routledge.
Ibnu Fitrianto, F. M. A. (2018). MODEL PEMBELAJARAN PROGAM PEMANTAPAN BAHASA ARAB DAN SHAHSIAH (KEMBARA) KE 4 MAHASISWA KOLEJ UNIVERSITI ISLAM ANTAR BANGSA SELANGOR (KUIS) TAHUN 2018. Nasional Conference on Islamic Civilization University of Darussalam Gontor, 1(First Publishing), 121–135.
Miettinen, R. (2000). The concept of experiential learning and John Dewey’s theory of reflective thought and action. International Journal of Lifelong Education, 19(1), 54–72. https://doi.org/10.1080/026013700293458
Nashihin, H. (2019). Character Internalization Based School Culture of Karangmloko 2 Elementary School. Abjadia, 3(1), 81–90. https://doi.org/10.18860/abj.v3i2.6031
Rafif, A. A. (2020). Implementasi Habitual Learning untuk Penyandang Disabilitas Mental di Pondok Pesantren Ainul Yakin Gunung Kidul Yogyakarta. The Indonesian Conference on Disability Studies and Inclusive Education, 1, 63–80.
Rahmawati, R. F. (2022). Pendidikan Moderasi Beragama di Lembaga Pesantren Modern. NCESCO: National Conference on Educational Science and Counseling, 2(1).
Ridwan, M. (2018). Konsep Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Al-Qur’an. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 37–60. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i1.41
Slee, R. (2023). Volume 9: Inclusive Education and Disability Studies in Education. In R. J. Tierney, F. Rizvi, & K. Ercikan (Eds.), International Encyclopedia of Education (Fourth Edition) (Fourth Edi, pp. xix–xxii). Elsevier. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-12-818630-5.02009-1
Ssanyu, J., Bainomugisha, E., & Kanagwa, B. (2023). Teaching language processing with the PAMOJA framework. Science of Computer Programming, 229, 102959. https://doi.org/10.1016/j.scico.2023.102959
Suryadarma, Y., & Fitriyanto, I. (2020). Taá1bÄ«q Al-Manhaj Al-DirÄsi fi Taâ€TMlÄ«m Al-Lugah Al-Arabiyyah li Al-Daurah Al-Mukaá1¡á1¡af bi Markaz Al-DaurÄt wa Al-TadribÄt JÄmiâ€TMah DÄr Al-Salam Gontor. ALSINATUNA, 5(1), 72–87. https://doi.org/10.28918/alsinatuna.v5i1.2467
Syah, A. (2017). TERM TARBIYAH, TA’LIM DAN TA’DIB DALAM PENDIDIKAN SLAM: Tinjauan dari Aspek Semantik. Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 7(1), 138. https://doi.org/10.24014/af.v7i1.3786
Widiana, I. W., & Jampel, I. N. (2016). Improving Students’ Creative Thinking and Achievement through the Implementation of Multiple Intelligence Approach with Mind Mapping. International Journal of Evaluation and Research in Education, 5(3), 246–254.
Williams, M. K. (2017). John Dewey in the 21st century. Journal of Inquiry and Action in Education, 9(1), 7.
Yoke Suryadarma Fariz Mirza Abdillah, F. M. A. (2017). KONSEP PENERAPAN TEORI WIHDAH DAN FURU’IYAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUSAT. Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa I Tahun 2017, 1(1), 42.
Yoke Suryadarma Muhammad Safari, I. F. (2018). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PESERTA PROGAM PEMANTAPAN BAHASA ARAB DAN SHAHSIAH (KEMBARA) KE 4 MAHASISWA KOLEJ UNIVERSITI ISLAM ANTAR BANGSA SELANGOR (KUIS) TAHUN 2018. PROSIDING KONFERENSI NASIONAL BAHASA ARAB IV, 4(NOMOR 4 (2018)), 358.